N95 Day, Pakailah Pelindung Pernafasan yang Tepat

Di Amerika Serikat ada N95 day yang diperingati tiap 5 September yang ditetapkan oleh NIOSH (sebuah badan di Amerika Serikat yang melakukan riset dan rekomendasi mengenai keselamatan dan kesehatan kerja). Apa itu N95 day? Adalah hari yang didedikasikan untuk mengingatkan pentingnya memakai perlindungan pernafasan (respirator) yang tepat dengan cara yang benar. Jenis respirator yang digunakan paling umum di Industri yang memiliki lingkungan udara berpartikel adalah N95. Bentuknya bentuknya seperti masker pada umumnya namun tidak sama.

N95 adalah istilah dari Amerika Serikat untuk masker yang mampu memfilter partikel dengan efisiensi yang cukup tinggi (tingkat efisiensinya lebih besar atau sama dengan 95%). Di Eropa istilah N95 tidak dipakai, produk Eropa menggunakan istilah masker FFP2 atau FFP3 untuk masker yang setara dengan N95. Masker N95 ini tidak hanya bisa dipakai oleh pekerja di industri tapi juga masyarakat umum kebanyakan ketika kualitas udara di lingkungan menurun terutama karena polusi partikel.


Pas sekali saat ini bertepatan dengan kondisi asap Sumatera yang terjadi hampir setiap tahun terutama di provinsi Riau dan sekitarnya. Masker N95 sudah harus menjadi barang wajib yang dimiliki dan dipakai ketika ada bencana asap karena masker ini lah yang efektif melindugi pernafasan kita. Banyak orang masih menggunakan masker motor atau masker perawat / masker operasi namun masker-masker ini tidak didesain untuk lingkungan kualitas udara yang buruk oleh partikel seperti asap yang disebabkan kebakaran hutan. Masker N95 adalah solusinya, dan lebih baik lagi jika memakai masker yang efisiensinya lebih tinggi lagi seperti HEPA (high-efficiency particulate arrestance) yang memiliki tingkat efisiensi sampai 99,97% terutama bagi Anda yang bekerja dengan beban fisik tinggi di lingkungan berasap.

Selain di lingkungan berasap masker ini juga bisa dipakai di saat bencana gunung meletus yang mengakibatkan abu vulkanik menyebar luas yang mana hal ini juga cukup sering dialami negara kita. Jadi memang sudah seharusnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk memakai masker terutama N95 perlu ditingkatkan.

Apakah Anda sudah memakai masker N95 disaat kondisi asap?

Postingan terkait: