Tujuan Penerapan Ergonomi

Ergonomi adalah ilmu untuk menggali dan mengaplikasikan informasi-informasi mengenai perilaku manusia, kemampuan, keterbatasan dan karakteristik manusia lainnya untuk merancang peralatan, mesin, sistem, pekerjaan dan lingkungan.


Seacara mendasar tujuan penerapan ergonomi ada dua hal, yaitu

1. Peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja
Dengan mengaplikasikan informasi-informasi mengenai perilaku manusia, kemampuan, keterbatasan dan karakteristik manusia pada penerapan berbagai design / control di tempat kerja seperti engineering control, administrative control, dan behavior control, ergonomi akan meningkatkan keselamatan dan kesehatan manusia dalam bekerja atau beraktivitas. Ergonomi juga akan mecegah discomfort atau ketidaknyamanan dalam beraktivitas dimana ketidaknyamanan ini jika dibiarkan terlalu lama paparannya dapat menyebabkan kecelakaan kerja atau penyakitakibat kerja.

2. Peningkatan produktivitas kerja
Dengan mengaplikasikan informasi-informasi mengenai perilaku manusia, kemampuan, keterbatasan dan karakteristik manusia pada penerapan berbagai design / control di tempat kerja seperti engineering control, administrative control, dan behavior control, ergonomi akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja. Ergonomi akan membuat pekerjaan jadi lebih 'mudah' dan 'user friendly' dimana hal ini berdampak positif pada meningkatnya kecepatan / output kerja dan juga mengurangi kesalahan kerja (kualitas meningkat) dan pada akhirnya meningkatkan produktivitas kerja.

Jadi secara ringkas, melalui prinsip 'fit the job to the man', penerapan ergonomi bertujuan untuk meningkatkan keselamatan & kesehatan kerja (K3) serta meningkatkan produktivitas kerja.

Postingan terkait: