Ergonomi untuk Pengguna Komputer di Indonesia

Manusia memiliki banyak aktivitas dalam kesehariannya, sebagian besar aktivitasnya dihabiskan terutama untuk bekerja, sedangkan sisanya untuk mencari hiburan, melakukan hobi, bersosialisasi dan sebagainya. Saat ini sebagian besar dari aktivitas tersebut dilakukan di komputer baik komputer desktop, laptop, komputer tablet maupun perangkat sejenisnya seperti tablet dan smartphone.


Orang-orang, tidak terkecuali masyarakat Indonesia, mempergunakan komputer untuk tujuan tertentu diantaranya:

1. Untuk mempermudah pekerjaan di industri dan kantor
Komputer memang paling utama ditujukan untuk industri dan perkantoran. Banyak sekali pekerjaan yang dilakukan dengan jauh lebih efisien menggunakan computer seperti pekerjaan pengentikan dokumen, penyimpanan dokumen, e-mail kantor, pembuatan desain, kalkulasi dan analisa, pengolahan data, monitoring proses, presentasi, perolehan informasi, otomasi dan pemrograman atau kecerdasan buatan di berbagai bidang seperti kesehatan, security, dll, advertising dan masih banyak lagi. Dengan komputer, kegiatan bisnis jadi semakin mudah.

2. Sebagai sumber informasi dan sarana berbagi informasi
Melalui kemudahan yang ditawarkan internet, saat ini informasi sangat mudah diakses, disebarkan, dan diupdate oleh siapa pun menggunakan computer (dulu hanya mengandalkan koran, radio, dan TV). Dengan website, blog, dan terutama dibantu search engine seperti Google, informasi seakan menjadi seperti sumber daya alam yang selalu dapat diperbaharui. Tak aneh jika proses pendidikan saat ini banyak menggunakan sarana komputer.

3. Sebagai sarana bersosialisasi dan berkomunikasi
Melalui berbagai aplikasi dan situ social media, komputer telah banyak merubah cara dan metode manusia dalam berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain. Komputer telah mampu membuat komunikasi dan sosialisasi manusia menjadi lebih baik untuk beberapa hal. Komputer telah merubah paradigma dan budaya berkomunikasi. Untuk Indonesia, fungsi bersosialisasi ini sangat signifikan. Terbukti beberapa layanan social media menyediakan layanan Bahasa Indonesia.

4. Alternatif utama untuk mencari hiburan
Media seperti televisi dan video game sudah bukan menjadi alat hiburan utama. Saat ini komputer telah menjadi media utama untuk mencari hiburan. Komputer memiliki beragam fasilitas seperti game dan video. Jika ditambahkan jaringan internet maka fasilitas tersebut akan meningkat menjadi game online dan video online seperti Youtube yang dijamin akan membuat ketagihan banyak orang. Belum lagi fasilitas MP3 dan guyonan meme digital yang mendunia.

Karena komputer memiliki fungsi yang sangat banyak dan krusial tidak heran jika pemakaian komputer telah meningkat signifikan dan paparan manusia terhadap pemakaian komputer juga melonjak. Hal ini juga terjadi di Indonesia. Bahkan dalam presentasi seorang analis internet bernama Mary Meeker, Indonesia adalah Negara dengan penduduk yang menghabiskan waktu terbanyak di depan layar, baik layar televisi maupun layar komputer (termasuk tablet dan smartphone).


Rata-rata orang Indonesia mengabiskan 117 menit di depan komputer, 181 menit di depan smartphone, dan 110 menit di depan tablet. Ini adalah rata-rata, artinya banyak dari kita yang menghabiskan waktu di depan layar lebih dari ini. Untuk pekerja kantoran rata-rata bisa menghabiskan hamper seharian kerja di depan komputer (rata-rata total jam kerja 8 jam per hari). Pakar chiropractic Rishi Loatey menemukan bahwa 82 persen masyarakat urban menghabiskan enam jam di depan komputer.

Jenis-jenis pekerjaan tertentu memiliki paparan di depan komputer lebih tinggi, contohnya akuntan, programmer, analyst dan sebagainya. Ini belum ditambah jam lembur, beberapa jenis pekerjaan bisa meningkat jam pemakaian komputernya saat lembur, misalnya pegawai payroll bisa kerja sampai larut jika mendekati akhir bulan.

Tak hanya itu, diluar pekerjaan, banyak dari kita juga masih memanfaatkan komputer untuk kegiatan lain seperti menulis, social networking, update berita, bermain game atau hanya sekedar mencari resep dan chatting. Ini semua menambah paparan manusia modern terhadap komputer.

Paparan yang tinggi terhadap pemakaian komputer jelas akan meningkatkan risiko kesehatan. Jenis penyakit yang disebabkan karena tingginya pemakaian komputer biasanya terkait dengan jaringan otot dan tulang dan terkadang sampai ke syaraf yang biasnaya tergolong dalam Musculoskeletal Disorder atau biasa disebut Repetitive Stress Injury (Cedera Tekanan Berulang). Hal ini terjadi karena paparan yang tinggi pada pemakaian komputer menyebabkan tekanan pada beberapa otot secara terus menerus (berulang) terutama jika tidak disertai dengan cara berkomputer yang tepat dan penggunaan alat komputer yang tidak ergonomis.

Karena itu sudah saatnya pengguna komputer di Indonesia pada khususnya mulai sadar akan pentingnya ergonomi terutama ergonomi dalam pemakaian komputer. Negara-negara maju sudah sangat memperhatikan isu ergonomi ini, dan saat ini adalah kesempatan yang baik bagi Indonesia untuk meningkatkan kesadaran tentang ergonomi komputer apalagi Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk yang menghabiskan waktu terbanyak di depan layar komputer, tablet dan smartphone.

Untuk mengetahui bagaimana cara berkomputer yang ergonomis secara umum dapat dilihat di link ini.

Postingan terkait: