Health & Safety Engineer, Profesi yang Belum Banyak Dikenal

Menjadi seorang health & safety engineer mungkin bukan merupakan cita-cita kebanyakan anak kecil. Bukan karena profesi ini tidak menarik namun karena profesi ini masih belum banyak dikenal masyarakat kita terutama karena negara kita bukan negara industry. Ya, profesi health & safety engineer atau profesi lain sejenis di bidang keselamatan dan kesehstan kerja (K3) dibutuhkan terutama karena makin beragamnya jenis industri dan proses produksi yang mengharuskan manusia bekerja pada bahaya yang lebih tinggi seperti bekerja di remote area, bekerja di wilayah primitif, bekerja shift malam, bekerja dengan bahan-bahan modern berbahaya seperti nuklir, dll. Profesi ini juga dibutuhkan karena industri saat ini banyak melakukan produksi masal (volume tinggi) yang meperkerjakan banyak orang sehingga sistem kerja yang lebih handal harus benar-benar terjaga agar tidak ada gangguan pada kutuhan sistem produksi.


Profesi health & safety engineer merupakan profesi yang unik, mirip dengan environmental engineer, output dari profesi ini "tidak terlihat". “Tidak terlihat” bukan berarti tidak memiliki hasil, namun berbeda dengan profesi lainnya yang memiliki hasil yang mudah diukur, health & safety engineer mempunyai target output “zero incident” yang sulit diukur. Jika terjadi suatu incident di suatu tempat kerja maka orang menganggap adanya kegagalan safety, namun jika tidak terjadi incident tidak dianggap sebagai suatu keberhasilan safety karena situasi tanpa incident dianggap situasi yang normal. Tapi percayalah tanpa adanya sistem health & safety yang baik, incident akan lebih banyak terjadi dan moral serta keteraturan kerja akan menurun drastis.

Profesi health & safety juga sangat unik karena sangat multi disiplin mulai dari engineering, mechanical, matematika, kesehatan, statistik, biologi, kimia dll. Karena itu tidak jarang seorang health & safety engineer akan menemui isu yang kompleks dan multidimensi dalam pekerjaannya. Profesi ini juga unik karena sering dianggap “banyak pahala”, health & safety engineer sering mengingatkan pekerja agar bekerja dengan baik sehingga selamat dan keutuhan serta keteraturan sistem dapat terjaga.

Hal-hal seperti di atas lah yang membuat profesi health & safety engineer menjadi patut dibanggakan. Walaupun profesi ini belum sepopuler profesi-profesi lainnya yang lebih dahulu ada, mudah-mudahan profesi ini bisa semakin berkembang lagi terutama di negara-negara yang sedang berkembang menuju negara berbasis industri seperti Indonesia. Kelak saya ingin mendengar anak-anak Indonesia menjawab "health & safety engineer” ketika ditanya profesi apa yang dicita-citakannya.

Postingan terkait: