Kesehatan, Kenikmatan yang Sering Dilupakan

Salah satu tujuan dalam ergonomi dan K3 adalah supaya sehat saat bekerja. Definisi sehat menurut WHO adalah keadaan sempurna, baik fisik, mental, maupun sosial dan tidak hanya bebas dari penyakit dan cacat. Jadi secara luas, bebas dari kecelakaan kerja (kondisi selamat) pun termasuk kondisi sehat. Sayangnya kebanyakan manusia sering melupakan kondisi sehat. Dalam kondisi sehat, manusia sering melakukan aktivitas-aktivitas yang sifatnya kurang mensyukuri kesehatan itu dan malah sering cenderung merugikan kesehatannya. Yang paling gampang contohnya adalah kebiasaan merokok, makan makanan yang tidak sehat, berkendara mengebut dan tidak menggunakan helm atau sabuk pengaman, dll. Hal ini juga terjadi di kehidupan kerja, banyak orang yang kurang peduli dengan K3 di tempat kerja mereka dengan sejuta dalih dan alasan yang sebenarnya cenderung merugikan dirinya.


Dalam sebuah hadis riwayat Imam al-Bukhari daripada Ibn Abbas r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda yang bermaksud: "ada dua nikmat yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia yaitu kesehatan dan waktu lapang."

Bersama dengan waktu / masa, kesehatan merupakan kenikmatan yang sering dilupakan orang. Padahal sehat merupakan investasi utama manusia. Tanpa kesehatan kita tidak bisa melakukan aktivitas secara normal dan tidak produktif. Janganlah pergunakan waktu sehat untuk aktivitas-aktivitas yang negatif karena perilaku atau aktivitas apa pun yang negatif (walaupun menurut orang itu positif) baik itu dalam skala besar atau pun skala yang sangat kecil (sepele) pasti akan memberi dampak buruk kepada dirinya sendiri baik secara fisik ataupun mental atau dengan kata lain akan merugikan kesehatan diri sendiri baik dalam skala besar atau pun skala yang sangat kecil. Karena itu marilah kita mulai mensyukuri dan peduli dengan kesehatan kita, karena sehat merupakan hak tubuh kita, dan pada akhirnya kita sendiri lah yang akan menikmatinya dan memetik manfaatnya, jangan menunggu sakit. Termasuk juga saat bekerja, mulailah menyadari nilai, manfaat dan pentingnya prosedur-prosedur K3 di tempat kerja, karena K3 dibuat tidak lain adalah untuk kepentingan diri manusia yang ada di sistem kerja tersebut.

Postingan terkait: