Bulan K3 Nasional 2013

Kita sudah memasuki awal Januari 2013. Sebentar lagi kita akan memasuki bulan K3 Nasional 2013 dari 12 Januari – 12 Februari 2013. Tema pokok Bulan K3 Nasional tahun 2013 sesuai dengan Keputusan Menakertrans RI Nomor: KEP.372/MEN/XI/2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional tahun 2010-2014 adalah “Budayakan K3 di Setiap Kegiatan Usaha Menuju Masyarakat Industri yang Selamat, Sehat, dan Produktif” (selengkapnya mengenai kepmenakertrans ini klik disini).


Bagi saya, yang cukup menarik pada tema bulan K3 tahun ini adalah disebutkannya seluruh aspek dalam K3 yakni selamat, sehat, dan produktif. Penerapan K3 akan menghasilkan sistem kerja dengan tingkat safety, health, dan productivity yang baik tanpa mengorbankan salah satu dari ketiga aspek tersebut. Namun apakah mungkin dengan K3 selain dapat meningkatkan keselamatan dan kesehatan juga sekaligus dapat meningkatkan produktivitas dan menguntungkan? Tentu saja sangat mungkin dan sangat bisa, selengkapnya klik disini dan disini.

Bulan K3 ini juga merupakan moment untuk mengingatkan seluruh lapisan masyarakat, baik masyarakat umum maupun industri, para cendikiawan, organisasi profesi, asosiasi dan lain-lain dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam peningkatan pemasyarakatan K3 sehingga tercipta pelaksanaan K3 secara mandiri dan dapat mendukung pencapaian ”Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2015”. Dengan demikian tujuan K3 dalam menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat menuju nihil kecelakaan dan penyakit akibat kerja guna peningkatan produksi dan produktivitas nasional dapat segera terwujud.