Safety dan Toyota Production System

Bagi yang bekerja atau mempunyai latar belakang pendidikan di bidang industri pasti tidak asing dengan Sistem Produksi Toyota / Toyota Production System (TPS). Toyota Production System bisa dibilang merupakan kiblatnya sistem produksi di industri terutama untuk industri manufaktur.


Untuk mengetahui gambaran sekilas mengenai Toyota Production System bisa dilihat pada gambar House of Toyota di bawah ini.


Toyota Production System memberdayakan seluruh anggota tim pekerja untuk mengoptimalkan kualitas dengan terus-menerus memperbaiki proses dan menghilangkan waste, mengenai waste selengkapnya klik disini. Toyota Production System mempengaruhi setiap aspek dalam organisasi atau industri dan mencakup seperangkat nilai-nilai, pengetahuan dan prosedur. Toyota Production System mempercayakan pekerja dengan tanggung jawab yang jelas dalam setiap tahap produksi dan mendorong setiap anggota tim untuk berjuang untuk perbaikan secara keseluruhan dan berkesinambungan.

Toyota Production System memberikan manfaat utama sebagai berikut:
  • Quality; kualitas melekat dalam produk.
  • Cost; biaya terjaga tetap minimum dengan return on investment yang baik.
  • Delivery; pengiriman tepat waktu, dan dengan standar yang diharapkan, memungkinkan pelanggan untuk merencanakan dan menjaga operasi mereka berhasil
  • Environment; isu lingkungan hidup juga diperhatikan, mulai dari manufaktur sampai ke daur ulang pada akhir masa produk.
  • Safety; keselamatan menjadi perhatian yang utama, baik untuk pekerja dan bagi pelanggan.


Kesehatan dan Keselamatan

Kesehatan (health) dan keselamatan (safety) selalu ada dalam semua filosofi dan praktik yang saling melengkapi yang membentuk Toyota Production System, bukan hanya menjadi prioritas tapi sudah menjadi sebuah kebutuhan. Upaya tak kenal lelah Toyota untuk melakukan hal-hal dalam cara terbaik mungkin tidak akan pernah bisa tercapai jika keselamatan harus dikompromikan dan dipertaruhkan apalagi hanya karena alasan efisiensi atau penghematan. Ketika proses produksi diperbaiki untuk meningkatkan kualitas, aspek keselamatan juga ikut ditingkatkan.

Fleksibilitas yang dibutuhkan dari anggota tim dalam Toyota Production System membantu mereka untuk waspada dan lebih fokus seiring adanya perubahan tugas. Workstation atau stasiun kerja dirancang agar mudah digunakan (easy-to-use), membuat pekerjaan cepat, nyaman dan efisien. Hal ini sesuai dengan ergonomi yang merupakan azas dari keselamatan / safety.

Pada Toyota Production System, semua anggota tim atau pekerja, mulai dari manajemen sampai ke operator dan karyawan lantai produksi, berpartisipasi dalam pelatihan keselamatan dan dalam membuat saran untuk perbaikan keselamatan atau safety di semua proses.

Bagaimana caranya meningkatkan safety? Dengan berprinsip pada ergonomi. Dengan ergonomi tidak hanya safety saja yang diperbaiki namun juga aspek-aspek lainnya karena ergonomi atau human factors engineering selain berkaitan erat dengan keselamatan / safety juga erat kaitannya dengan cost (klik disini), environment (klik disini), elimination of waste (klik disini), poka yoke (klik disini), 5S (klik disini), Kaizen, dsb.

Referensi: http://www.toyota-forklifts.co.uk/EN/company/Toyota-Production-System/Health-and-Safety/Pages/default.aspx

Postingan terkait: