Program Studi Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Secara khusus ada dua program studi teknik / rekayasa yang banyak mempelajari K3 yakni teknik keselamatan dan kesehatan kerja / teknik K3 dan teknik industri, untuk teknik industi klik disini. Teknik K3 (health & safety engineering) sebenarnya hampir sama dengan K3 yang berada di lingkungan fakulas kesmas namun memiliki beberapa perbedaan karena teknik K3 berada di lingkungan teknik / engineering.


Sampai saat ini di Indonesia saya baru pernah mendengar tiga program studi teknik K3 atau serupa dengan dengan teknik K3 (dalam arti sama-sama membawa nama engineering/teknik/ rekayasa dan keselamatan walaupun dengan istilah yang agak berbeda). Berikut ketiga program studi tersebut:

1. D4 Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) ITS

Program Studi Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PSTK3) yang berjenjang diploma 4 (D-4) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) ITS Surabaya diresmikan pada tahun 2010. Sampai saat ini di Indonesia saya baru tahu program studi inilah yang 100% membawa “istilah” nama teknik K3. Laboratorium yang terdapat pada program studi ini meliputi:
  • Laboratorium Automatic Fire Extinguisher
  • Laboratorium Ergonomi
  • Laboratorium Pengukuran Lingkungan Kerja
  • Laboratorium Kimia
  • Laboratorium P3K
2. Program Magister (S2) Rekayasa Keselamatan Industri (MRKI), Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (FT-UGM)
Program Magister Rekayasa Keselamatan Industri (MRKI) ini merupakan program yang dikelola oleh Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada dan diselenggarakan bersama dengan Jurusan Teknik Fisika Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Program ini memberikan gelar Magister Teknologi (MT).

Materi program MRKI mencakup teori dan aplikasi rekayasa keselamatan industri dari pandangan keteknikan, dipadu dengan permasalahan sosial-lingkungan-budaya, serta ekonomi manajemen. Keseluruhan materi dijabarkan ke dalam beberapa matakuliah, masing-masing matakuliah mengandung aspek teknik (fenomena fisik dan teknologi rekayasa keselamatan) serta aspek non teknik (ekonomi, kelembagaan dan manajemen).

Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan setingkat magister dengan kemampuan di bidang rekayasa keselamatan yang diperlukan dalam berbagai instalasi industri yang kompleks dan berpotensi bahaya tinggi seperti dalam industri kimia, industri transportasi, industri energi, dan industri nuklir.

Nama program studi ini menggunakan nama istilah ‘rekayasa’ dan bukan ‘teknik’, karena sebenarnya istilah ‘engineering’ dalam Bahasa Indonesia memang lebih tepat diterjemahkan sebagai “rekayasa’.

3. Program Magister (S2) Teknik dan Manajemen Keselamatan Kebakaran (Fire Safety Engineering and Management), Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT-UI)

Berbeda dengan dua program studi sebelumnya yang bersifat umum, program studi ini lebih spesifik yakni mengkhusukan pada teknik keselamatan kebakaran. Pendirian program studi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan semakin meningkatnya kesadaran akan keselamatan terhadap kebakaran dan dampaknya, kebutuhan akan sumber daya yang memiliki keahlian khusus dan kompetensi yang mampu memanfaatkan, mengelola dan mengembangkan teknologi yang berhubungan dengan keselamatan kebakaran. Oleh karena itu, Departemen Teknik Mesin melalui Program Magister Teknik (S2) bidang Teknik dan Manajemen Keselamatan Kebakaran (Fire Safety Engineering and Management) mempersiapkan lulusan yang memiliki kompetensi dan mampu menghadapi perkembangan dibidang Teknologi dan Manajemen Keselamatan Kebakaran secara khusus baik dalam lingkup masyarakat maupun industri.

Lalu apa perbedaan teknik K3 dengan K3 kesmas? Sepertinya teknik K3 lebih banyak engineeringnya dan lebih banyak praktik serta teknologinya sedangkan K3 kesmas lebih banyak manajemen K3nya. Lebih lanjut mengenai perbedaan teknik K3 dengan K3 kesmas bisa dilihat dari kurikulumnya, untuk contoh kurikulum teknik K3 klik disini dan contoh kurikulum K3 kesmas klik disini.

Lebih lanjut mengenai K3 kesmas klik disini, sedangkan program studi yang berhubungan dengan K3 yang berada di lingkungan kedokteran klik disini.

Postingan terkait: