Pekerjaan yang Sesuai

Ergonomi adalah ilmu tentang kerja. Walaupun isu yang sering dibahas lebih ke arah produktivitas kerja dan K3 seperti MSD, antropometri, postur kerja, usabilitas dsb namun sebenarnya cakupan bidang ini sangat amat luas. Hampir semua hal yang berhubungan dengan kerja serta mempunyai tujuan keselamatan dan kesehatan kerja atau produktivitas kerja bisa dimasukkan ke dalam ergonomi dan mungkin prinsip ergonomi juga sudah mulai bias diterapkan salah satunya adalah dalam memilih pekerjaan atau profesi yang sesuai.

Sesuai dengan prinsip ergonomi fit the job to the man maka dalam memilih pekerjaan juga harus yang sesuai (dalam bahasa Inggris disebut fit atau suitable). Dengan memilih pekerjaan yang sesuai dengan diri maka bekerja akan jadi optimal dan berefek pada kenyamanan kerja dan produktivitas kerja yang juga optimal. Pekerjaan yang sesuai biasanya sesuai dengan minat (wants, passion, dan tidak jarang juga berhubungan dengan hobi) dan bakat (skill, ability) yang dimiliki calon pekerja. 

*Untuk kasus minat akhir-akhir ini sering dibicarakan dalam diskusi career atau motivasi. Yang perlu jadi catatan, minat dan passion adalah bukan selalu harus sesuatu yang Anda bagus saat mengerjakannya. Menurut career coach Rene Suhardono dalam bukunya menyebutkan “passion is not what you are good at, it’s what you enjoy the most”. Misalnya siswa X yang dapat nilai bagus matematika namun disebabkan karena sebelumnya harus belajar selama satu minggu berbeda dengan siswa Y yang dapat nilai bagus matematika namun hanya perlu belajar satu hari. Siswa X dan Y keduanya sama-sama bagus dalam matematika dalam arti “they are good at math” terbukti dengan nilainya yang bagus, namun siswa Y lebih mudah mencapainya biasanya karena lebih enjoy, lebih berminat atau memiliki lebih banyak passion pada bidang tersebut. 

Untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dibutuhkan peran aktif dari manusia. Manusia harus bisa mengetahui dan memahami dirinya sendiri dimana letak kekuatannya atau kelebihannya dan kelemahannya. Dalam memilih kerja atau profesi sebaiknya jangan asal-asalan dan carilah yang paling sesuai atau mendekati sesuai dengan diri kita. Namun juga jangan terlalu membatasi pilihan kerja secara berlebihan karena setiap manusia pasti dianugerahi banyak kelebihan dan talenta sehingga pilihan karir atau profesi dalam kehidupan pun juga banyak yang sesuai. Pada gambar di bawah ini diberikan ilustrasi bagan ‘kerja apa yang sesuai untuk Anda / what job are you suited for’.


Secara kasar, gambar tersebut menggambarkan bahwa setiap manusia pasti memiliki jenis-jenis pekerjaan atau profesi yang sesuai dengan dirinya. Namun gambar ini jangan dijadikan patokan karena gambar ini hanya merupakan gambaran kasar sederhana :) . Setelah mengetahui profesi-profesi atau pekerjaan-pekerjaan apa saja yang sesuai atau mendekati sesuai dengan diri Anda maka mulailah cari lowongan, peluang, dan kesempatan yang ada.

Proses-proses recruitment yang dilakukan oleh perusahaan seperti psikotest, interview, medical check up dsb sebenarnya juga termasuk proses yang ergonomis yakni untuk memperoleh kandidat pekerja dimana pekerjaan yang ditawarkan tersebut dapat sesuai dengan kandidat tersebut.

Untuk tips mencari kerja, klik disini.