Bulan K3 Nasional 2012

Pada bulan Januari-Februari 2012 ini, Indonesia melaksanakan kegiatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional yang kegiatannya sudah dimulai sejak tahun 2010 lalu oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, Bapak Drs. H.A. Muhaimin Iskandar, M.Si dalam upacara Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional di Halaman Kantor Depnakertrans Jakarta.

Kegiatan bulan K3 Nasional merupakan program pemerintah yang dilaksanakan pada setiap tanggal 12 Januari sampai 12 Februari. Bulan K3 Nasional diselenggarakan di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota sesuai dengan kondisi setempat yang diprioritaskan pada perusahaan/tempat kerja sektor tertentu, maupun pada tempat-tempat usaha masyarakat yang potensi bahayanya cukup tinggi.



Tema pokok Bulan K3 Nasional tahun 2012 sesuai dengan Keputusan Menakertrans RI Nomor: KEP.372/MEN/XI/2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional tahun 2010-2014 adalah “Optimalisasi penerapan Sistem Manajemen K3 untuk peningkatan mutu kerja dan produktivitas” ini berarti pemerintah Indonesia serius dalam meningkatkan kesadaran dan ketaatan pemenuhan norma K3, meningkatkan partisipasi semua pihak untuk optimalisasi pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan usaha, dan semakin dekat akan terwujudnya K3 pada masyarakat Indonesia dan beberapa langkah diantaranya adalah dengan pengoptimalan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) dan Gema Daya K3, selengkapnya klik disini.

Selama satu bulan, Indonesia melaksanakan kegiatan Bulan K3 Nasional dengan sasaran tingginya tingkat pemenuhan norma K3, meningkatnya jumlah perusahaan yang mendapatkan zero accident (kecelakaan nihil), dan terwujudnya masyarakat yang berperilaku K3.

Bulan K3 diselenggarakan setiap tahun sebagai wujud dan kepedulian pemerintah untuk memberikan pemahaman dan sekaligus mengingatkan kepada masyarakat yang terlibat dalam proses K3 untuk menghasilkan barang dan jasa. K3 juga merupakan suatu konsep berpikir dan upaya nyata untuk menjamin keutuhan tenaga kerja setiap insan pada umumnya baik jasmani maupun rohani, serta hasil karya dan budaya dalam upaya mewujudkan masyarakat adil, makmur dan sejahtera.

Selain itu, menjamin kegiatan produksi mulai dari awal sampai akhir meliputi tenaga kerja, orang selain tenaga kerja yang berada di tempat kerja/perusahaan, proses, peralatan dan lingkungan kerja sesuai dengan kondisi yang diharapkan. Melalui identifikasi, analisa, penilaian dan pengendalian sumber potensi bahaya berkaitan dengan peralatan, bahan, proses, cara kerja dan lingkungan berdasarkan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemenuhan terhadap peraturan dan standar serta pedoman K3.

Kegiatan Bulan K3 Nasional ini diharapkan tidak sebatas seremonial belaka, namun benar-benar bisa dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan mutu kerja dan produktivitas.

Referensi: http://www.hariansumutpos.com/2012/01/23364/momentum-bulan-k3-nasional-tahun-2012.htm