Ergonomi Industri

Ketika menyebut ergonomi industri (industrial ergonomics) mungkin timbul pertanyaan: apa itu ergonomi industri? Apakah ergonomi yang diterapkan di industri? Ya betul. Lho bukannya ergonomi memang diterapkan di industri? Apakah berarti ada ergonomi di luar industri?

Memang ergonomi lebih banyak dikenal dan dipelajari serta dikembangkan di lingkungan teknik industri yang banyak menggunakan sistem industri terutama sistem manufaktur sebagai objek studi. Ergonomi sendiri ditujukan dalam perancangan sebuah sistem yakni sistem kerja. Dan konon sistem di manufaktur merupakan sistem yang paling konkret, kompleks, bisa dilihat, dan bisa diraba sehingga banyak penelitian atau studi ergonomi berada di lingkup ini dan hasilnya ergonomi identik dengan industri terutama manufaktur. Namun sebenarnya ergonomi atau human factors tidak hanya diterapkan di sistem industri saja yang notabene memiliki tujuan ekonomi secara langsung. Ergonomi juga bisa diterapkan di sistem lain misalnya sistem kerja / aktivitas rumah tangga, militer, layanan publik dsb dimana sistem-sistem ini tidak mempunyai tujuan ekonomi secara langsung.



Menurut sejarah, ergonomi di eropa di mulai dengan aplikasinya pada dunia industri yang berfokus pada kesejahteraan manusia dan produktivitas manufaktur, ini berbeda dengan Amerika Serikat yang memulai ergonomi di dunia militer yang berfokus pada performa sistem (misalnya mengurangi kesalahan atau eror). Memang sebenarnya sejarah ergonomi cukup panjang dan sejarah ergonomi modern dimulai oleh Taylor (1880-an) dan Gilberth (1890-an), namun penggunaan ergonomi secara nyata dimulai di dunia militer yakni pada perang dunia sehingga ergonomi mulai sangat dikenal luas diawali dari dunia militer, baru setelah itu dikenal luas di industri. Mungkin ini sebabnya muncul pembedaan istilah ergonomi militer dan ergonomi industri. Untuk selengkapnya mengenai sejarah perkembangan ergonomi bisa dilihat pada gambar di bawah ini (selengkapnya mengenai sejarah ergonomi klik disini, disini, disini, atau disini): 


Sebuah sumber menuliskan area-area penerapan ergonomi industri meliputi:
  1. Ergonomi fisik (mungkin termasuk ergonomi lingkungan)
  2. Ergonomi informasi (kognitif)
  3. Perancangan tempat kerja dan metode kerja
  4. Desain produk
  5. Ergonomi makro: produktivitas kerja dsb.
Ya benar, semua bidang ergonomi ada di industri. Jadi tidak salah jika studi ergonomi lebih mengarah ke industri.

Mungkin perbedaan yang paling nyata dari ergonomi industri dan ergonomi bukan industri adalah di ergonomi industri tidak hanya mempunyai tujuan sebatas safety atau health atau efektifitas kerja atau mengurangi eror kerja, tapi juga sampai ke peningkatan produktivitas kerja yang selanjutnya bisa diukur dengan satuan “dolar”.

Untuk saat ini, istilah ergonomi industri pun sudah meluas tidak hanya di industri manufaktur tapi juga industri lainnya seperti pertambangan, migas, transportasi dll. Selain itu saat ini jika menyebut ergonomi industri maka bisa mengarah pada ke ergonomi secara keseluruhan karena semua spesialisasi-spesialisasi ergonomi yang muncul saat ini berasal dari atau berada di sistem industri juga. Lagipula ranah-ranah yang tidak berorientasi profit / ekonomi secara langsung seperti militer juga sudah terindustrialisasi.