Alat Pelindung Diri (APD)

Bahaya dan ancaman (hazards) ada di setiap tempat kerja dalam berbagai bentuk seperti tepi benda yang tajam, benda jatuh, percikan, bahan kimia, kebisingan dan banyak sekali situasi lainnya yang berpotensi berbahaya. The Occupational Safety and Health Administration (OSHA) mewajibkan perusahaan untuk untuk melindungi karyawan mereka dari bahaya-bahaya (hazards) di tempat kerja yang dapat menyebabkan cedera.

Mengendalikan (control) bahaya pada sumbernya adalah cara terbaik untuk melindungi karyawan. Tergantung pada kondisi hazard atau tempat kerja, OSHA merekomendasikan engineering control atau administrative / work practice control untuk mengelola atau menghilangkan bahaya semaksimal mungkin (selengkapnya tentang engineering dan work practice control klik disini). Contoh engineering control adalah membangun penghalang antara hazard dan karyawan; sedangkan contoh work practice control adalah mengubah cara karyawan dalam melakukan kerja atau mengubah metode kerja.

Ketika eliminasi, substitusi, engineering control, dan administrative control tidak lagi feasible atau tidak memberikan perlindungan yang memadai, perusahaan harus menyediakan alat pelindung diri (APD) kepada karyawan mereka dan memastikan alat tersebut digunakan dengan tepat. Alat pelindung diri, atau dalam Bahasa Inggris disebut sebagai Personal Protective Equipment atau PPE, adalah peralatan yang dipakai untuk meminimalkan paparan berbagai bahaya (hazards). Contoh APD adalah sarung tangan, pelindung mata, pelindung telinga (earplug, earmuff dsb), topi atau helm yang keras, respirator, full budy suits dsb. Ingat, APD adalah pilihan terakhir dalam pengendalian bahaya, bukan pilihan pertama. Beberapa pihak keliru karena meyakini APD adalah solusi paling mudah untuk memberikan perlindungan terhadap pekerja dari hazards dan dapat langsung mengatasi semua permasalahan hazards sehingga tidak perlu melakukan solusi control. Tapi apakah pihak-pihak ini sadar jika manusia hanya diberikan solusi APD sebagai bentuk perlindungan dari semua hazard yang ada disekitarnya.tentu entah berapa banyak APD yang diperlukan dan harus dipakai manusia karena hazards disekitar manusia jumlahnya banyak sekali, lihat gambar ilustrasi di bawah.


Sumber: OSHA