Visi dan Misi Keselamatan

Kita perlu tahu “siapa kita” agar lebih efektif dalam segala hal yang kita lakukan. Langkah pertama mungkin cukup sederhana, namun dapat memiliki dampak jangka panjang besar pada keselamatan dan kesehatan di tempat kerja yakni mengusulkan perusahaan melibatkan konsep keselamatan dalam pernyataan visi dan misi.

Visi


Pernyataan Visi adalah membiarkan karyawan dan pelanggan tahu siapa Anda dengan mendefinisikan peran perusahaan Anda dan nilai-nilai dasar perusahaan Anda. Pernyataan visi mencerminkan budaya perusahaan. Salah satu cara untuk memahami budaya perusahaan adalah dengan mengidentifikasi "karakteristik" perusahaan yang unik yang membuatnya berbeda dari yang lain.

Contoh Pernyataan Visi - PT. XYZ menilai "hubungan dengan pelanggan" merupakan hal yang paling penting di atas segalanya. Untuk menjadi sukses kami memperlakukan semua karyawan sebagai pelanggan internal yang dihargai. Kami menghargai ide-ide mereka, menghargai kerja mereka, dan memberikan apa saja yang diperlukan sehingga mereka dapat mencapai keunggulan dengan mengutamakan keselamatan dan produktivitas. Hal tersebut untuk memberdayakan karyawan kami sehingga mereka dapat memanifestasikan nilai-nilai perusahaan terhadap pelanggan eksternal kami tiap harinya.

Misi


Pernyataan misi memberi informasi apa yang Anda lakukan, mengapa perusahaan Anda ada, dengan menyatakan tujuan yang diinginkan. Pernyataan misi memungkinkan setiap orang tahu apa produk atau layanan perusahaan Anda; siapa pelanggannya, dimana wilayah layanannya.

Contoh Pernyataan Misi - misi PT. XYZ adalah untuk memproduksi dan mengirim cyberwidgets megalitik kualitas tertinggi ke pelanggan kami di seluruh dunia dengan selamat.

Jika perusahaan Anda belum memiliki pernyataan misi, cobalah kembangkan satu dan yakinkan manajemen akan manfaat yang akan ditimbulkan dari pernyataan misi tersebut.

Dari sini bisa kita pahami mengapa akhir-akhir ini masyarakat cukup familiar dengan adanya kata-kata “selamat” atau “safe” dalam visi dan misi suatu perusahaan. Lihatlah contoh visi dan misi dari suatu perusahaan di bawah ini (klik gambar untuk memperbesar):



Sumber: OSHA (tidak termasuk gambar)

Postingan terkait: