Profit atau Keuntungan dari Keselamatan

Apakah Anda pernah mengusulkan rekomendasi untuk memperbaiki dan mengurangi hazards atau memperbaiki prosedur? Apakah usul tersebut “didengar”? Sebenarnya mungkin manajemen sangat peduli terhadap keselamatan dan kesehatan di tempat kerja, tapi seperti Anda, mereka itu sangat sibuk. Ketika seorang manajer mendengarkan rekomendasi dari komite keselamatan (misalnya HSE), namun rekomendasinya hanya bersifat “khotbah” seperti, "Kita perlu menginstal sebuah pembatas baru di gudang karena yang ada saat ini sudah membahayakan," kemungkinan respon yang diberikan manajer akan mengecewakan dan bahkan mungkin tidak diperhatikan atau digubris.

Dan Petersen, penulis Safety Management : A Human Approach, menyatakan kurang lebih manajemen akan mulai tertarik dengan ide-ide dari profesional keselamatan (HSE, ergonom, safety engineer dsb) jika berhubungan dengan keuntungan organisasi. Artinya, keuntungan apa (biasanya dalam bentuk uang) yang akan manajemen peroleh jika mereka menginvestasikan sekian jumlah uang untuk keselamatan? Jadi, professional keselmatan harus dollar oriented ketika berbicara dengan manajemen. Bahkan sekalipiun jika manajemen sangat paham, mengerti, dan peduli akan pentingnya Ergonomi / K3, indikator dolar sebaiknya tetap digunakan.


Rekomendasi yang efektif, mengikutsertakan cost dan benefit
Menurut Dewan Keamanan Nasional (US), secara nasional, rata-rata klaim biaya langsung dan biaya tidak langsung untuk waktu yang hilang karena cedera atau sakit di industri lebih dari $28.000, dan rata-rata kerugian kematian $910.000 (ingat, maksud istilah biaya langsung dan biaya tidak langsung disini adalah biaya kerugian kecelakaan dan bukan biaya produksi, dalam analisis biaya produksi atau managerial accounting, biaya kecelakaan ini masuk dalam golongan biaya overhead, selengkapnya klik disini). Menurut angka Dewan Keamanan Nasional, biaya tidak langsung rata-rata besarnya 1,6 kali dari biaya langsung. Namun, penting untuk dipahami bahwa biaya tidak langsung mungkin jauh lebih tinggi karena biaya tidak langsung agak sulit ditaksir atau diperkirakan karena banyak yang “tersembunyi”, selengkapnya klik disini. Tiga hal yang perlu diingat ketika memperkirakan biaya tidak langsung:

1. Semakin rendah biaya langsung, semakin tinggi rasio antara biaya langsung dan tidak langsung.
Misalnya, jika seseorang menderita cedera ringan membutuhkan hanya beberapa ratus dolar untuk menutup klaim, rasio biaya tidak langsung / langsung biaya mungkin jauh lebih tinggi daripada rata-rata angka Dewan Keamanan Nasional di atas.

2. Operasi intensif modal.

Saat sejumlah besar uang diinvestasikan untuk fasilitas, makarasio rata-rata biaya tidak langsung / langsung akan menjadi lebih tinggi. Sebagai contoh, jika seseorang cedera serius atau fatal pada oildrilling rig, sehingga operasi atau produksi terpaksa terhenti selama sehari atau lebih, maka akan menghasilkan kerugian ribuan dolar karena berhentinya produksi. Jika kecelakaan seperti ini terjadi pada industri yang padat modal seperti ini, rasio antara biaya langsung dan biaya tidak langsung diperkirakan dapat mencapai 5x sampai 50x.

3. Operasi intensif buruh.
Saat investasi lebih banyak dialokasikan untuk tenaga kerja dari pada aset modal, maka rasio biayatidak langsung / langsung akan menjadi lebih rendah. Sebagai contoh, jika seseorang menderita cedera serius, tapi operasi atau produksi tidak terkena dampak secara signifikan. Jika kecelakaan seperti ini terjadi pada industri yang padat karya seperti ini, rasio antara biaya langsung dan biaya tidak langsung diperkirakan 2x sampai 10x.

Berikut contoh ilustrasi keuntungan dari tindakan korektif untuk keselamatan:
Keuntungan yang diperoleh dari tindakan korektif (program ergonomi / K3) biasanya dinyatakan delam Return on Investment (ROI). Jika investasi tindakan korektif adalah $1.000, dan kecelakaan yang mungkin terjadi berpotensi menelan biaya $28.000 di suatu masa mendatang (katakanlah lima tahun), untuk mengetahui ROInya tinggal membagi $28.000 dengan $1.000 dan diperoleh ROI 2800 persen. Bagilah jumlah itu dengan 5 tahun dan diperoleh ROI tahunan lebih dari 500 persen per tahun. Ini termasuk return yang besar!

Manajemen mungkin ingin tahu seberapa cepat investasi akan terbayar kembali, untuk itu dihitung Payback Periodnya. Caranya hanya membagi $ 28.000 dengan 60 bulan dan diperoleh dalam potensi biaya kecelakaan $ 467 per bulan. Karena investasi adalah $ 1.000, maka investasi akan terbayar kembali dalam dua bulan lebih sedikit. Setelah itu, tindakan korektif dapat dianggap benar-benar menghemat uang perusahaan dalam jumlah yang besar.

Sumber: OSHA

Postingan terkait: