Komitmen Keselamatan

Sebelumnya telah dibahas komitmen manajemen terhadap ergonomi / K3, selengkapnya klik disini. Lalu apa bukti dari komitmen tersebut.

So you are committed? Show me the time and money.

Manajemen puncak dapat mengkomunikasikan dan menyatakan dukungan mereka untuk safety atau keselamatan, tetapi bukti yang nyata yang menunjukkan serius tidaknya komitmen manajemen tersebut adalah seberapa besar mereka menginvestasikan waktu dan uang secara serius untuk keselamatan. Ketika manajemen hanya mengkomunikasikan minat mereka untuk keselamatan, tetapi tidak ditindak lanjuti dengan tindakan, berarti mereka hanya mengekspresikan dukungan moral, bukan komitmen.


Pemimpin mendapatkan apa yang mereka berikan!
Contoh ciri komitmen yang nyata adalah adanya ekspresi dari kepemimpinan tough-caring (selengkapnya mengenai kepemimpinan klik disini). Integritas, karakter, dan disiplin adalah nilai-nilai yang manajer cari dari karyawan mereka. Karyawan akan menunjukkan nilai-nilai tersebut dan atribut-atribut pentingnya ketika (dan hanya jika) mereka melihat manajemen atau pimpinannya menunjukkan nilai-nilainya terlebih dahulu. Jadi jika pemimpin tidak menunjukkan nilai-nilainya terlebih dahulu jangan harap karyawan akan menunjukkan nilai-nilainya. Pemimpin besar benar-benar peduli tentang orang-orang dipimpinnya. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menunjukkan kepemimpinan dibandingkan dengan menyediakan tempat kerja yang safe dan healthful untuk semua karyawan.

Jika Anda seorang manajer atau supervisor, tanyakan pada diri Anda sendiri, "Apakah saya benar-benar menyukai orang-orang saya?" Jika jawabannya adalah tidak, mulai pikirkanlah kembali pendapat Anda karena hampir tidak mungkin untuk menunjukkan kepemimpinan yang peduli jika Anda tidak benar-benar menyukai orang-orang Anda.

Manajer mendapatkan apa yang mereka desain!
Banyak orang mengatakan "persepsi adalah realitas." Jika Anda merasakan kurangnya komitmen manajemen puncak terhadap keselamatan dan kesehatan, apa yang dapat Anda lakukan? Pertama-tama, pikirkan tentang perbaikan sistem (tapi bukan dengan semata-mata menuduh atau menyalahkan sistem yang sudah ada). Ini semua tentang desain atau redesain sistem terutama desain / perancangan sistem kerja.

Jika manajemen tidak menunjukkan komitmen melalui tindakan yang nyata, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi kunci pemain untuk mulai menggerakan safety / keselamatan. Dengan bantuan dari komite keselamatan (misal divisi HSE) Anda bisa "mendidik" untuk membantu manajemen mendapatkan semua pengetahuan dan pemahaman yang diperlukan untuk secara positif mempengaruhi sikap dan berikutnya perilaku / behavior yang memberikan penekanan keselamatan kerja yang layak.

Sumber: OSHA

Postingan terkait: