Ergonomi dan Teknik Industri (3)

Secara umum, ergonomi adalah bagian dari teknik industri. Menurut American Institute of Industrial Engineering, teknik industri adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang perancangan, perbaikan dan instalasi sebuah sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, metode, alat, bahan, informasi, dan energi. Ya betul sekali, manusia disini disebutkan paling pertama karena manusia adalah elemen paling utama dalam sebuah sistem dan bagian dari teknik industri yang mempelajari elemen manusia ini dan interaksinya dengan elemen yang lain adalah ergonomi atau sering juga disebut human factors atau human engineering.


Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan dan elemen-elemen lain dalam suatu sistem dan pekerjaan yang mengaplikasikan teori, prinsip, data dan metode untuk merancang suatu sistem yang optimal, dilihat dari sisi manusia dan kinerjanya. Ergonomi memberikan sumbangan untuk rancangan dan evaluasi tugas, pekerjaan, produk, lingkungan dan sistem kerja, agar dapat digunakan secara harmonis sesuai dengan kebutuhan, kemampuan dan keterbatasan manusia (International Ergonomic Assosiation, 2002). Ergonomi atau faktor manusia (human factors) merupakan salah satu cluster utama dalam teknik industri (lihat gambar di bawah), selengkapnya klik disini.


Di dalam teknik industri mata kuliah - mata kuliah ergonomi seperti fisiologi manusia kerja, ergonomi industri, ergonomi kognitif, sistem keselamatan kerja, perancangan sistem kerja dsb juga berada dalam cluster yang sama dengan mata kuliah manajemen sumber daya manusia (SDM) dan manajemen limbah industri atau biasanya disatukan dengan K3 menjadi K3L atau HSE. Perlu ditambahkan bahwa sampai saat ini konon cluster perancangan dan kontrol sistem dan teknik produksi atau sering disebut sistem produksi (sispro) saja atau teknik produksi (tekpro) saja masih mendominasi baik dalam hal ketenaran, posisi kerja, dsb. Namun perlu diingatkan seperti yang telah disebutkan pada definisi teknik industri di paragraf pertama, manusia adalah elemen paling utama dari sebuah sistem termasuk dalam sistem industri dan manufaktur yang konon merupakan sistem yang paling konkret, bisa dilihat, dan bisa diraba. Oleh karena itu ergonomi atau himan factors yang notabene objek utama kajiannya adalah manusia bisa disebut cluster paling utama di teknik industri ^_^.

Postingan terkait: