Safety Officer

Ergonomi sangat berkaitan dengan keselamatan (K3) dan salah satu profesi di bidang keselamatan adalah safety officer. Tugas safety officer meliputi perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan program keselamatan sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan. Safety officer bertanggung jawab untuk mencegah bahaya, kecelakaan dan bahaya keselamatan dalam suatu area kerja tertentu, seperti di pabrik, tambang, rumah sakit atau lingkungan lainnya (terutama di industri seperti manufaktur, tambang, konstruksi, minyak & gas dsb).


Persyaratan pendidikan / pengalaman untuk safety officer:
Seorang kandidat safety officer harus memiliki gelar sarjana di bidang teknik industri atau bidang terkait. Safety officer juga harus memiliki pengalaman dalam kesehatan lingkungan, pencegahan kebakaran, kebersihan atau higiene industri, keselamatan kerja atau bidang terkait.

Keterampilan yang dibutuhkan untuk safety officer:
keterampilan menulis teknis, keterampilan komunikasi yang efektif, keterampilan kepemimpinan, keterampilan organisasi dan pengetahuan kebijakan keselamatan, investigasi kecelakaan, keselamatan kerja dan praktiknya, serta hukum atau standar keselamatan kerja negara dan peraturan yang menyertainya. Safety officer juga harus sangat detail oriented.

Elemen pekerjaan seorang safety officer:
Menafsirkan dan mengevaluasi kepatuhan terhadap standar atau kode keamanan, mengembangkan, merekomendasikan dan melaksanakan kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja; meninjau segala proses yang ada seperti proses atau aliran produksi baru atau konstruksi baru atau yang sudah ada untuk memastikan kepatuhan dengan kode atau standar keselamatan; berkoordinasi dengan insinyur atau arsitek atau tim lainnya untuk membahas tindakan pencegahan untuk keselamatan; pemantauan program inspeksi keselamatan; pengawasan keselamatan dan kesehatan kerja; memastikan registrasi dan lisensi yang berkitan dengan keselamatan termaintain, dan mengembangkan program pendidikan kesadaran keselamatan dan kesehatan kerja.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai safety officer klik disini.

Sumber: http://www.greatsampleresume.com/Job-Descriptions/Safety-Officer-Job-Description.html

Postingan terkait: