Ergonomi: Untuk Keselamatan, Kesehatan dan Produktivitas Kerja

Ergonomi adalah ilmu, seni dan penerapan teknologi untuk menyelaraskan antara segala fasilitas yang digunakan dalam beraktivitas atau bekerja dengan kemampuan dan keterbatasan manusia baik secara fisik maupun non fisik sehingga kualitas hidup secara keseluruhan lebih baik. Oleh karena itu ergonomi mempunyai prinsip fit the job to the man (selengkapnya klik disini).

Ergonomi atau dikenal juga dengan Human Factors Engineering merupakan sebuah disiplin keilmuan yang selalu menempatkan manusia pada titik pusat perhatian (human centered design) secara holistic dan integratif dalam sebuah sistem kerja dimana manusia terlibat didalamnya (untuk mengetahui human centered design klik disini).

Salah satu output dari penerapan ergonomi adalah terwujudnya efisiensi, kenyamanan, dan keselamatan bagi pengguna suatu desain produk. Dengan demikian suatu desain dikatakan kompatibel dengan manusia pemakainya. Kaitannya dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), ergonomi selalu konsen dan berusaha meningkatkan derajat keselamatan dan kesehatan kerja bagi setiap pekerja. Melalui pendekatan ergonomi secara sistemik, holistik, interdisipliner dan partisipatoris, maka angka sakit dan angka kecelakaan di tempat kerja dapat diminimalkan. Dengan demikian penghematan biaya operasional, biaya perawatan dan biaya klaim kecelakaan dan kesehatan dapat ditekan sekecil-kecilnya. Pada akhirnya melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas kerja, produktivitas akan semakin besar dan dengan sendirinya keuntungan juga meningkat, maka kesejahteraan pekerja secara keseluruhan akan lebih baik.

Referensi: http://ergoits.blogspot.com/

Postingan terkait: