Desain Produk Ergonomis

Untuk mendisain produk secara ergonomis, seharusnya disesuaikan dengan manusia-manusia yang akan memakainya terutama yang paling umum adalah dari segi antropometrinya (lebih lanjut mengenai antropometri klik disini). Hal ini sesuai dengan prinsip human centered design, dimana manusia ditempatkan sebagai pusat sistem (lebih lanjut mengenai human centered design klik disini). Karena itu bukanlah manusia yang menyesuaikan dengan produk, tetapi produklah yang harus disesuaikan dengan manusia yang akan memakainya agar merasa ‘nyaman’ dalam memakainya. Bila peralatan tidak ergonomis maka akan menimbulkan ‘ketidak-nyamanan’ dan berujung pada terjadinya berbagai dampak negatif bagi manusia tersebut, misalnya nyeri, kelelahan bahkan kecelakaan yang pada akhirnya akan merugikan kita termasuk dunia industri. Dengan kata lain ergonomika mencoba menyatukan kesenjangan antara pembuat produk dan pengguna produk seperti diskemakan dalam gambar berikut.
Gambar Keterkaitan produk ergonomika dengan pembuat dan manusia pengguna produk.

Adanya ungkapan the man behind the gun yang menyatakan bahwa berbahaya-tidaknya senjata sangat bergantung pada orang yang mengawakinya menunjukkan arti pentingnya penyertaan faktor manusia / human factors (lebih lanjut mengenai human factors klik disini).

Pengaplikasian ergonomika ke dalam produk tidaklah mudah dalam pengertian seringkali implementasi ergonomika mempengaruhi harga jual produk. Namun demikian, ini bukanlah suatu alasan untuk tidak memperhatikan faktor ergonomika. Tuduh menuduh tentang siapa yang harus bertanggung-jawab bila terjadi kecelakaan atau akibat negatif dari suatu produk mulai kita rasakan di Indonesia. Salah satunya adalah tingginya rasio kecelakaan lalu lintas tidak melulu pada keteledoran seseorang, tapi dalam banyak kasus justru disebabkan oleh salahnya desain produk itu sendiri. Apakah produk yang dimaksud dalam kecelakaan lalu lintas tersebut adalah kendaraannya? Ya betul, tapi tidak hanya kendaraannya, produk yang dimaksud juga meliputi seluruh produk yang berhubungan dengan lalu lintas tersebut seperti jalan, display rambu lalu lintas dan sebagainya.

Sumber: Pentingnya Bidang Ergonomika pada Lingkup Litbang Menuju Era Industrialisasi, Zuhair (Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana) dan Suharyo Widagdo (Pusat Teknologi Reaktor dan Keselamatan Nuklir – BATAN).