Hubungan Ergonomi dan Departemen HSE

Pada postingan terdahulu pernah disebutkan bahwa salah satu bagian kerja yang cocok untuk seorang ergonom adalah pada departemen HSE (untuk membaca kembali postingan klik disini). Lalu apa sebenarnya hubungan ergonomi dan HSE? HSE adalah singkatan dari Health, Safety, dan Environment, sedangkan ergonomi mempunyai empat moto dasar yakni Safety, Health, Productivity, dan Humanity. Dari sini saja sudah mulai tergambarkan bahwa hubungan ergonomi dan HSE adalah concern di Health dan Safety pada tempat kerja. Sebenarnya pada dasarnya Health and Safety itu hanya sebagian dari ilmu ergonomi karena ilmu ergonomi selain membahas Health dan Safety juga sering membahas produktivitas kerja. Jadi HSE adalah bagian dari ergonomi kecuali Environment yang membahas lingkungan atau ekologi (sebenarnya ilmu ekologi masih ada hubungan erat dan kesamaan dengan ergonomi dan mungkin itu yang menyebabkan Health & Safety (HS) dan Environment (E) digabung menjadi HSE, selengkapnya klik disini). Walaupun secara ilmu “HSE tanpa E” adalah bagian dari ergonomi namun dalam proses dan penerapan, ergonomi lebih sering dipandang sebagai sebuah “tool” untuk mencapai tujuan tertentu, apa tujuan itu? Tujuan tersebut adalah Health dan Safety. Jadi disini ergonomi “terlihat” sebagai bagian dari HSE dan pada kenyataannya pada perusahaan sering kali terdapat bagian khusus ergonomi di bawah naungan departemen HSE. Hal tersebut sah-sah saja toh yang penting tujuannya adalah sama yakni Health dan Safety di tempat kerja.

Backgorund Pendidikan yang Tepat untuk Posisi HSE

Departemen atau bagian HSE sangat terkenal terutama di perusahaan atau industri pertambangan dan manufaktur. Saat ini industri lain seperti transportasi pun sudah mulai mengintensifkan bagian ini, tidak hanya di perusahaan swasta tapi juga BUMN. Lalu background pendidikan apa saja yang cocok untuk bagian HSE? Yang paling cocok sudah pasti dari jurusan ergonomi, namun di Indonesia belum ada jurusan dan program studi ergonomi (di negara lajn pun masih jarang). Satu-satunya yang saya ketahui yang menggunakan nama ergonomi adalah pendidikan master ergonomi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali. Namun selan itu itu ada beberapa program studi lain yang banyak mempelajari ergonomi, untuk selengkapnya baca disini. Salah satu yang paling banyak porsi ergonominya adalah Teknik Industri. Namun saya menyesalkan banyaknya lowongan-lowongan perusahaan bagian HSE dan sejenisnya yang sangat jarang menyertakan sarjana Teknik Industri. Penyebab pastinya saya tidak tahu, entah karena teknik industri termasuk ilmu baru yang belum terkenal, entah apakah mereka tidak tahu bahwa di teknik industri mempelajari ergonomi dan K3 dengan sangat intens, atau mungkin ada alasan lain. Tetapi saya menekankan bahwa salah satu beckground pendidikan yang tepat untuk posisi HSE adalah teknik industri (bahkan mungkin yang paling pas). Untuk mengetahu apa saja yang dipelajari di teknik industri termasuk ergonomi dan K3 klik disini. Saat ini kebanyakan lowongan HSE membutuhkan background pendidikan seperti Public Health / Kesehatan Masyarakat, Kedokteran, Teknik Lingkungan, dan Teknik Mesin. Kalau menurut versi saya, background pendidikan yang tepat untuk posisi HSE dengan urutan prioritas adalah:

Untuk HS (Health & Safety):
  1. Industrial Engineering / Teknik Industri (selain ergonomi dan K3, teknik industri juga mempelajari mesin-mesin sehingga seorang sarjana teknik industri cukup paham desain mesin dan otomatis lebih tahu bagaimana supaya mesin itu lebih “aman”, hal ini tidak lain karena teknik industri itu sendiri merupakan “pecahan” dari teknik mesin).
  2. Public Health / Kesehatan Masyarakat (banyak membahas K3).
  3. Medical / Kedokteran terutama spesialis okupasi (SPOk).
Untuk E (Environment):
  1. Environmental Engineering / Teknik Lingkungan.
  2. Industrial Engineering / Teknik Industri (di teknik industri juga mempelajari manajemen limbah industri yang erat kaitannya dengan environment, hal ini semakin memperkuat bahwa posisi HSE paling cocok untuk sarjana teknik industri).

Postingan terkait: