Ergonomi Makro dan Mikro

Di tulisan sebelumnya sudah diterangkan mengenai ergonomi makro.(klik disini untuk melihat tulisan tersebut). Lalu apa itu ergonomi mikro? Ergonomi mikro bisa dibilang ergonomi dalam lingkup kecil atau ergonomi tradisional. Bila kita menanalisis postur kerja pekerja maka itu bisa dibilang ergonomi mikro, begitu pula jika kita sedang menaksir produktivitas, mendesain alat kerja dsb. Jadi ergonomi mikro merupakan pendekatan ergonomi pada suatu proses ditujukan khusus pada proses yang spesifik.

Apa hubungan antara ergonomi makro dan mikro?

Perkembangan keilmuaan saat ini melihat bahwa penilaian ergonomi tidak hanya perlu dilakukan dan dianalisis secara mikro saja, tetapi perlu untuk diimplementasikan melalui interegasi pada lingkungan yang lebih besar (organisasi perusahaan) yang dikenal dengan model ergonomi makro.

Ergonomi makro menghubungkan ergonomi mikro yang tradisional dengan pokok-pokok perangkat keras, perangkat lunak, pekerjaan, atau suatu lingkungan. Mendesain suatu sistem kerja melalui pertimbangan suatu relevan teknis, lingkungan, dan variabel sosial dan interaksinya adalah suatu tugas ergonomi yang umum. Namun jika sudah melibatkan aspek-aspek desain adan manajemen, bahkan ekonomi dan politik, maka hal ini merupakan sesuatu yang harus dipelajari dalam ergonomi makro.

Oleh karena itu, ergonomi makro dan mikro harus digabungkan antara satu dengan yang lainnya karena segala aspek yang termasuk dalam ergonomi mikro (seperti peta-peta pekerja, produktivitas, SMED, Kaizen, dll) harus bisa diintegrasikan dengan para pelakunya yang berada dalam lingkup manajerial, yang notabene merupakan ruang lingkup / kajian yang ada dalam ergonomi makro. Sehingga dengan adanya relasi dengan masyarakat sekitar, pembeli, karyawan, dan supplier, semua bidang kajian ergonomi mikro ada manfaatnya dalam kehidupan manusia.

Sumber :
  • http://funeducation4life.blogspot.com/2009/02/ergonomi-makro.html
  • http://indergonomic.blogspot.com/2009/02/hubungan-ergonomi-makro-dan-ergonomi.html
  • ANALISA IMPLEMENTASI ERGONOMI MAKRO TERHADAP KEUNTUNGAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS: MERPATI MAINTENANCE FACILITY JUANDA -SURABAYA) oleh Alfia Rositaningrum, Sritomo Wignjosoebroto, Dyah Santhi. D, Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember